Jumat, Agustus 06, 2010

KUNCI AWAL KEBERHASILAN PERUSAHAAN

Suatu perusahaan terdiri dari berbagai elemen, salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM) yang adalah aset terpenting bagi perusahaan. Tentunya setiap perusahaan menginginkan SDM yang unggul dan siap menghadapi berbagai perubahan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, perusahaan hendaknya memperhatikan bagaimana cara mengelola SDM yang ada maupun merekrut SDM nantinya. Proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan SDM sangatlah penting demi tercapainya tujuan perusahaan. Jika terjadi kesalahan dalam proses ini, tentulah akan merugikan perusahaan baik dari segi waktu maupun materi.

Perencanaan SDM
Perencanaan Sumber Daya Manusia adalah perencanaan strategis untuk mendapatkan dan memelihara kualifikasi sumber daya manusia yang diperlukan bagi organisasi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Dibutuhkan Langkah-langkah Perencanaan SDM
(Cesto, Husted & Douglas) antara lain :
Langkah pertama: Representasi dan Refleksi dari Rencana Strategis Perusahaan
Langkah Kedua: Analisa dari Kualifikasi Tugas yang akan diemban oleh Tenaga Kerja.
Langkah Ketiga: Analisa Ketersediaan Tenaga Kerja
Langkah Keempat: Melakukan Tindakan Inisiatif
Langkah Kelima: Evaluasi dan Modifikasi Tindakan

Rekrutmen dan Seleksi
· Rekrutmen : upaya perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan dalam perencanaan tenaga kerja.
Proses rekrutmen terbagi dalam 2 cara yaitu :
  • Rekrutmen internal yaitu proses mendapatkan tenaga kerja dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada dalam perusahaan.
  • Rekrutmen eksternal yaitu proses mendapatkan tanaga kerja dengan memperolehnya dari luar perusahaan.
Seleksi : Penentuan tenaga kerja dari jumlah calon tenaga kerja yang akan digunakan perusahaan dalam proses rekrutmen.
Selain wawancara, salah satu metode seleksi yang sering dipakai oleh banyak perusahaan adalah Assessment Center yaitu suatu metode penilaian yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi kapasitas seseorang secara komprehensif berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan secara sistematis dari hasil analisis pekerjaan, sehingga diharapkan hasil yang diperoleh mampu menggambarkan kriteria spesifik sesuai yang dituntut oleh persyaratan jabatan yang ada.
Sebelum melakukan
Assessment Center, diperlukan sejumlah langkah persiapan yaitu : (1) melakukan analisis jabatan, (2) menentukan kriteria sukses jabatan, (3) menentukan dimensi atau persyaratan jabatan, (4) menetapkan bentuk simulasi, (5) menyusun materi untuk simulasi. Bentuk simulasi yang biasanya dipakai seperti : Leaderless Group Discussions, In Basket Exercises, Interview Role Plays, Business Games, Analysis Exercises, Presentation Exercises.

Penempatan Tenaga Kerja
Pada dasarnya, ada empat jenis penempatan yaitu promosi, mutasi, demosi, dan pemutusan hubungan kerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar